Ilmu Pendikan

apa itu turndown service

Pendahuluan

Industri perhotelan telah berkembang pesat dengan meningkatnya kebutuhan konsumen yang semakin tinggi untuk kenyamanan dan kemewahan selama menginap. Salah satu layanan yang menjadi andalan hotel bintang lima dalam memberikan pengalaman menginap yang lebih memuaskan adalah turndown service. Namun, tidak semua orang tahu apa itu turndown service. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang pengertian, kelebihan, kekurangan dan implementasi dari turndown service pada industri perhotelan.

1. Apa Itu Turndown Service? 🤔

Turndown service atau pelayanan penataan kamar adalah layanan di hotel yang ditawarkan pada malam hari, biasanya pada jam 17.00 hingga 21.00. Layanan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan maksimal pada tamu selama menginap, mengubah suasana kamar menjadi lebih nyaman, menenangkan, serta memastikan kebutuhan tamu terpenuhi sebelum tidur.

2. Bagaimana Cara Kerja Turndown Service? 🤔

Turndown service dilakukan oleh housekeeping atau housekeeper, yakni tim yang bertugas membersihkan dan merapikan kamar tamu. Tim ini akan memastikan kamar tamu telah bersih dan siap dipakai kembali pada pagi hari.

3. Apa Saja Kelebihan Turndown Service?

Kelebihan dari turndown service antara lain:

  1. Membuat kamar tamu lebih nyaman dan menenangkan.
  2. Menambahkan sentuhan romantis pada suasana kamar tamu dengan penggunaan lilin, bunga, atau cokelat.
  3. Memberikan kemudahan bagi tamu dalam menyalakan lampu tidur atau menyalakan musik latar dengan menyalakan remote di sebelah tempat tidur.
  4. Menyediakan air mineral dan permen khusus di atas meja.
  5. Housekeeping akan memastikan bahwa kamar tamu bersih dan siap digunakan kembali pada pagi hari.

4. Apa Saja Kekurangan Turndown Service?

Di sisi lain, turndown service juga memiliki kekurangan, antara lain:

  1. Tidak semua orang suka diinterrupsi pada waktu yang sangat dekat dengan waktu tidur malam.
  2. Jika tamu menyukai kamar berantakan dan tidak tertata, turndown service mungkin kurang disukai.
  3. Selain itu, turndown service dapat dianggap sebagai pengeluaran yang tidak perlu bagi beberapa tamu.
BACA JUGA   mengapa gas mulia dalam keadaan bebas bertindak sebagai gas monoatomik

5. Bagaimana Turndown Service Memengaruhi Industri Perhotelan? 🏢

Turndown service menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi industri perhotelan. Kamar inap yang nyaman dan mewah dengan sentuhan personal, yang bisa diperoleh dengan turndown service, menjadi prioritas penginapan untuk para tamu yang ingin merasakan pengalaman menginap yang lebih baik dari biasanya. Layanan ini sangat diperlukan dalam persaingan pasar, khususnya bagi hotel bintang lima yang ingin mempertahankan pengunjung setia dan mendapatkan ulasan positif dari mereka.

6. Bagaimana Implementasi Turndown Service pada Industri Perhotelan? 🛎️

Implementasi turndown service haruslah dilakukan dengan memperhatikan keinginan dan kebutuhan tamu, serta dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas saat melakukan penataan kamar tamu. Selain itu, hotel juga harus mempekerjakan staf housekeeping yang profesional dan ramah, serta memberikan pelatihan bagi staf untuk memastikan turndown service dilakukan dengan benar dan sesuai SOP.

FAQ tentang Turndown Service

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah turndown service selalu ditawarkan di hotel? Tidak semua hotel menawarkan layanan turndown service, terutama pada hotel bintang tiga ke bawah.
2 Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan turndown service? Biaya turndown service dapat ditentukan oleh hotel berdasarkan tarif yang telah ditetapkan atau bisa juga gratis bagi tamu yang menginap di kamar tertentu.
3 Apakah turndown service dapat dicustomize sesuai keinginan tamu? Ya, turndown service dapat dicustomize sesuai dengan selera dan kebutuhan tamu.
4 Apakah turndown service hanya dilakukan sekali pada malam hari? Ya, turndown service hanya dilakukan sekali pada malam hari, biasanya pada jam 17.00 hingga 21.00.
5 Bagaimana jika tamu tidak ingin menggunakan layanan turndown service? Tamu dapat memberitahu hotel bahwa mereka tidak ingin menggunakan layanan turndown service.
6 Apakah turndown service selalu termasuk dalam paket menginap di hotel bintang lima? Tidak selalu, namun biasanya turndown service termasuk dalam paket menginap di hotel bintang lima untuk memberikan pengalaman menginap yang lebih memuaskan bagi tamu.
7 Apakah turndown service termasuk layanan yang wajib untuk diberikan oleh hotel? Tidak, turndown service bukan layanan yang wajib dan tidak semua tamu membutuhkan layanan ini.
8 Apakah turndown service hanya dilakukan di kamar tamu? Turndown service dapat dilakukan di kamar tamu atau di suite khusus.
9 Apakah turndown service hanya dilakukan oleh housekeeping? Ya, turndown service hanya dilakukan oleh housekeeping atau housekeeper yang bertugas membersihkan dan merapikan kamar tamu.
10 Apakah turndown service termasuk dalam layanan VIP? Ya, turndown service termasuk dalam layanan VIP karena hanya ditawarkan pada tamu yang menginap di kamar tertentu atau pada hotel bintang lima.
11 Apakah tamu harus meninggalkan kamar sebelum turndown service dilakukan? Tidak, tamu tidak harus meninggalkan kamar saat turndown service dilakukan.
12 Apakah turndown service hanya dilakukan di hotel di Indonesia? Tidak, turndown service dilakukan di hotel di seluruh dunia.
13 Apakah turndown service termasuk layanan yang aman di tengah pandemi COVID-19? Turndown service dapat dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dan kebersihan yang ketat seperti menggunakan masker, sarung tangan, dan disinfeksi setiap peralatan yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kesehatan tamu dan staf hotel.
BACA JUGA   apa yang dimaksud dengan spanner

Kesimpulan

Secara umum, turndown service memang menjadi layanan yang penting bagi hotel bintang lima dalam memberikan pengalaman menginap yang lebih maksimal bagi para tamu. Kelebihan dari layanan ini antara lain membuat kamar tamu menjadi lebih nyaman, menambahkan unsur romantis pada suasana kamar, memberikan kemudahan bagi tamu, serta memastikan kebersihan kamar tetap terjaga. Namun, layanan ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Implementasi turndown service harus dilakukan dengan benar dan profesional untuk meningkatkan kenyamanan tamu dan mempertahankan loyalitas para tamu.

Kata Penutup

Dalam setiap layanan hotel, termasuk turndown service, kebersihan dan kenyamanan tamu harus tetap menjadi prioritas utama. Hotel harus memastikan bahwa semua layanan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan tamu. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca tentang apa itu turndown service dan bagaimana implementasinya pada industri perhotelan.

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *