content="0fd9cbe0b353776505509733cd398328">
Pendidikan

Bacaan Awal Tahun Islam

Mengenal Awal Tahun Islam

Hello Sobat matabiovision! Tahukah kamu bahwa Islam memiliki kalender sendiri? Kalender ini disebut dengan Hijriah atau kalender Islam. Tahun Hijriah dimulai pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan awal tahun baru Islam. Tahun baru Islam ini disebut dengan Muharram.

Keutamaan Muharram

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam. Bulan ini dianggap suci oleh umat Muslim karena terdapat banyak keutamaan di dalamnya. Salah satu keutamaan Muharram adalah puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram. Puasa Asyura dilakukan untuk mengenang peristiwa penting dalam sejarah Islam, yaitu penyelamatan Nabi Musa dan umatnya dari Fir’aun.

Bacaan Awal Tahun

Di awal tahun baru Islam, umat Muslim biasanya membaca doa dan dzikir untuk memohon berkah dan perlindungan dari Allah SWT. Salah satu doa yang sering dibaca adalah doa Bismillah. Doa ini sangat sederhana, namun memiliki makna yang dalam. Dalam doa ini, kita memohon perlindungan dan membuka segala kegiatan dengan nama Allah SWT.

Keistimewaan Bulan Muharram

Selain puasa Asyura, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharram. Salah satunya adalah sedekah. Sedekah di bulan Muharram memiliki keistimewaan karena pahalanya akan dilipatgandakan. Selain itu, kita juga bisa memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Muharram. Hal ini karena di bulan Muharram, Allah SWT membuka pintu rahmat-Nya yang sangat luas.

Bacaan Awal Tahun untuk Anak-Anak

Bagi orang tua, mengajarkan anak-anak tentang awal tahun Islam dan bacaan-bacaannya sangat penting. Hal ini dapat membantu anak-anak untuk lebih mengenal agama Islam dan mempererat hubungan mereka dengan Allah SWT. Beberapa bacaan awal tahun Islam yang cocok untuk anak-anak antara lain doa Bismillah, doa Selamat dan doa Tolak Bala.

Kesimpulan

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam yang memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Di awal tahun baru Islam, umat Muslim biasanya membaca doa dan dzikir untuk memohon berkah dan perlindungan dari Allah SWT. Selain itu, kita juga bisa memperbanyak amalan baik seperti sedekah dan membaca Al-Quran di bulan Muharram. Bagi orang tua, mengajarkan anak-anak tentang bacaan awal tahun Islam juga sangat penting untuk mempererat hubungan anak dengan Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat matabiovision. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *