content="0fd9cbe0b353776505509733cd398328">
Pendidikan

Bacaan Setelah Takbiratul Ihram

Hello Sobat Matabiovision, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bacaan setelah takbiratul ihram. Takbiratul ihram merupakan takbir yang pertama kali dilakukan saat memulai shalat. Setelah takbiratul ihram, ada beberapa bacaan yang harus dilakukan sebelum memulai shalat secara keseluruhan. Berikut adalah bacaan-bacaan setelah takbiratul ihram:

Bacaan Ta’awudz

Bacaan ta’awudz adalah bacaan yang dilakukan setelah takbiratul ihram. Bacaan ini berisi permintaan perlindungan kepada Allah dari kejahatan setan. Bacaan ta’awudz adalah:

“A’udzubillahi minasy syaithonir rajim”

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk”

Bacaan Surat Al-Fatihah

Setelah membaca ta’awudz, kita harus membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah merupakan surat yang wajib dibaca pada setiap rakaat shalat. Surat Al-Fatihah berisi pujian dan permintaan petunjuk kepada Allah. Bacaan surat Al-Fatihah adalah:

“Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Ar-rahmanir-rahim. Maliki yawmid-din. Iyaka na’budu wa iyaka nasta’in. Ihdinas-siratal mustaqim. Siratal-ladzina an’amta ‘alaihim. Ghairil-maghdubi ‘alaihim walad-dallin. Aamin.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Yang menguasai di hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Bacaan Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, kita bisa melanjutkan dengan membaca surat pendek lainnya. Surat pendek yang bisa dibaca adalah:

  • Surat Al-Ikhlas
  • Surat Al-Falaq
  • Surat An-Naas

Bacaan surat pendek ini bisa dipilih salah satu atau lebih. Surat pendek ini mengandung doa dan permintaan perlindungan kepada Allah dari berbagai macam kejahatan.

Rukun Shalat

Setelah membaca bacaan-bacaan di atas, kita harus melanjutkan dengan rukun shalat. Rukun shalat terdiri dari:

  • Rukun Takbir
  • Rukun Ruku’
  • Rukun I’tidal
  • Rukun Sujud
  • Rukun Duduk Diantara Dua Sujud
  • Rukun Tasyahud Awal
  • Rukun Tasyahud Akhir

Rukun shalat adalah bagian penting dari shalat. Tanpa melakukan rukun shalat, shalat tidak sah.

Bacaan Setelah Tasyahud Akhir

Setelah melakukan rukun shalat dan tasyahud akhir, kita bisa melanjutkan dengan bacaan setelah tasyahud akhir. Bacaan setelah tasyahud akhir adalah:

“Allahumma salli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama sallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, Innaka Hamidum Majid. Allahumma Barik ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, Innaka Hamidum Majid.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. Ya Allah, berikanlah berkah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

Doa Sesudah Shalat

Setelah melakukan bacaan setelah tasyahud akhir, kita bisa melanjutkan dengan doa sesudah shalat. Doa sesudah shalat adalah doa yang dilakukan setelah selesai melakukan shalat. Doa ini bisa dilakukan dengan membaca doa yang sudah ada atau dengan doa yang dibuat sendiri. Doa sesudah shalat adalah doa yang harus dilakukan dengan khidmat dan penuh kesungguhan.

Kesimpulan

Demikianlah bacaan setelah takbiratul ihram yang harus dilakukan saat memulai shalat. Bacaan ini sangat penting untuk dilakukan karena akan memperkuat koneksi kita dengan Allah. Dengan melakukan bacaan-bacaan ini, kita akan merasa lebih tenang dan fokus saat melakukan shalat. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas shalat kita. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *