content="0fd9cbe0b353776505509733cd398328">
Pendidikan

Besaran Volume Diturunkan dari Besaran Pokok

Pendahuluan

Hello Sobat Matabiovision! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang besaran volume dan bagaimana besaran ini diturunkan dari besaran pokok. Besaran volume adalah salah satu besaran yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti volume air dalam gelas atau volume ruangan di dalam rumah. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai besaran volume, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai besaran pokok.

Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang tidak bisa didefinisikan dengan besaran lainnya. Ada tujuh besaran pokok yang diakui secara internasional, yaitu panjang, massa, waktu, arus listrik, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya. Besaran pokok ini digunakan sebagai dasar dalam sistem satuan SI (Sistem Internasional).

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran turunan dapat dihitung atau diukur dari satu atau beberapa besaran pokok. Salah satu contoh besaran turunan adalah volume. Volume dapat dihitung dari besaran pokok panjang, yaitu dengan rumus V = l x l x l (untuk bangun kubus) atau V = π x r x r x t (untuk tabung).

Rumus Besaran Volume

Rumus besaran volume berbeda-beda tergantung pada bentuk benda yang diukur. Beberapa contoh rumus besaran volume adalah sebagai berikut:- Kubus: V = l x l x l- Balok: V = p x l x t- Tabung: V = π x r x r x t- Kerucut: V = 1/3 x π x r x r x t- Bola: V = 4/3 x π x r x r x r

Konversi Satuan Volume

Satuan volume dalam SI adalah meter kubik (m³). Namun, dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan satuan volume lainnya seperti liter, mililiter, atau galon. Untuk melakukan konversi satuan volume, kita dapat menggunakan rumus konversi atau tabel konversi satuan.

Perubahan Volume pada Perubahan Suhu

Perubahan suhu juga dapat mempengaruhi besaran volume. Pada umumnya, benda akan mengalami perubahan volume ketika suhu berubah. Hal ini disebabkan oleh perubahan jarak antar partikel yang terdapat pada benda tersebut.

Perubahan Volume pada Perubahan Tekanan

Selain perubahan suhu, perubahan tekanan juga dapat mempengaruhi besaran volume. Ketika tekanan meningkat, volume akan mengecil, dan ketika tekanan berkurang, volume akan membesar. Hal ini disebabkan oleh perubahan jarak antar partikel yang terdapat pada benda tersebut.

Penggunaan Besaran Volume

Besaran volume memiliki berbagai macam penggunaan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam ilmu pengetahuan. Beberapa contoh penggunaan besaran volume adalah sebagai berikut:- Dalam kesehatan, volume darah dapat diukur untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang- Dalam industri, volume bahan kimia yang digunakan dapat diukur untuk memastikan keamanan dan kualitas produk- Dalam ilmu fisika, volume digunakan untuk menghitung kepadatan suatu benda

Contoh Soal

Sebuah balok memiliki panjang 10 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 3 cm. Berapakah volume balok tersebut?Diketahui:Panjang (p) = 10 cmLebar (l) = 5 cmTinggi (t) = 3 cmDitanya:Volume (V) = … ?Jawab:V = p x l x tV = 10 cm x 5 cm x 3 cmV = 150 cm³Jadi, volume balok tersebut adalah 150 cm³.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang besaran volume dan bagaimana besaran ini diturunkan dari besaran pokok. Besaran pokok adalah besaran dasar yang digunakan dalam sistem satuan SI, sedangkan volume adalah besaran turunan yang dapat dihitung dari besaran pokok panjang. Selain itu, kita juga telah membahas mengenai rumus besaran volume, konversi satuan volume, perubahan volume pada perubahan suhu dan tekanan, serta penggunaan besaran volume dalam berbagai bidang. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Sobat Matabiovision tentang besaran volume. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *