Cara Menonaktifkan Google Smart Lock dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Google Smart Lock – Bagi yang menggunakan ponsel android, pasti tidak asing dengan Google smart lock. Seperti diketahui, smart lock sendiri adalah fitur untuk menyimpan kata kunci secara otomatis yang dikembangkan oleh pihak Google. Terdapat dua cara menonaktifkan Google smart lock. Tidak ada trik khusus yang mengharuskan pengguna melakukan hal-hal ribet.

Google Smart Lock sebenarnya didesain khusus untuk pengguna yang mudah lupa dengan detail login miliknya. Pasti Anda sendiri pernah mengalami, bingung ketika harus memasukkan email dan kata sandi. Baik itu YouTube, Facebook, IG, dan lain sebagainya.

Tanpa basa-basi, berikut cara menonaktifkan Google Smart Lock yang perlu diketahui.

Menonaktifkan Google Smart Lock Melalui Pengaturan Android

Biasanya, saat membuka aplikasi tertentu seperti media sosial yang memerlukan kata sandi maka akan ada opsi smart lock dari Google untuk menyimpannya. Dengan menyimpan kata sandi, maka tidak perlu repot-repot memasukkannya lagi saat menutup aplikasi tersebut karena tersimpan secara otomatis.

Meski demikian, sebagian pengguna kurang menyukai hal ini terkait dengan keamanan ataupun alasan lainnya. Untuk pengguna perangkat android, maka bisa mengikuti cara menonaktifkan Google smart lock melalui pengaturan yang ada pada perangkat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin menonaktifkan smart lock menggunakan cara ini yaitu membuka fitur pengaturan pada perangkat. Setelah membukanya, maka gulirlah layar ke bawah hingga menemukan tulisan Google.

Setelah itu, pilih opsi keamanan yang terdapat di sana. Opsi berikutnya yaitu setelan lanjutan. Lebih lanjut, pilih aplikasi yang hendak dinonaktifkan smart lock-nya. Nantinya, pengguna akan menemukan opsi smart lock atau penguncian otomatis.

BACA JUGA   Cara Login BNI Mobile Banking Di HP Baru Paling Mudah!

2. Masukkan Kata Sandi

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu memasukkan kata sandi milik pengguna yang terdiri dari huruf dan angka. Apabila pengguna menggunakan pola sebagai pengunciannya, maka masukkan pola yang sesuai pada bagian tersebut.

Jika pengguna menggunakan sidik jari ataupun penguncian lain, maka ikutilah sesuai instruksi yang diberikan. Setelah itu, klik tulisan ‘deteksi pada tubuh’.

Selanjutnya, pilih nonaktifkan dan hapus semua perangkat terpercaya maupun di tempat percaya. Cara menonaktifkan Google smart lock melalui perangkat pun selesai.

Dengan menonaktifkannya berarti pengguna perlu memasukkan kata sandi pada setiap aplikasi yang sudah tidak terhubung secara otomatis tadi. Misalnya saja saat menggunakan aplikasi Instagram, Facebook dan lainnya.

Menonaktifkan Google Smart Lock Melalui Google Chrome

Cara menonaktifkan Google smart lock yang kedua adalah melalui Chrome yang bisa diakses menggunakan android ataupun perangkat lain. Diketahui, cara ini bisa dicoba apabila cara yang pertama masih gagal. Untuk cara yang bisa diikuti oleh pengguna yaitu seperti berikut:

1. Membuka Chrome

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Chrome. Setelah itu, buka pengaturannya dengan menekan tombol tiga titik yang berada di layar atas bagian kanan pada halaman awal.

Kemudian, gulir layar ke bagian bawah pada opsi pengaturan. Hal tersebut dilakukan hingga menemukan opsi isi otomatis dan klik bagian tersebut.

2. Mematikan Smart Lock

Langkah berikutnya adalah mematikan smart lock aplikasi maupun situs yang menggunakan kata sandi sehingga tidak tersimpan oleh Google. Pilih bagian kata sandi dan pengguna akan menemukan dua buah opsi yaitu menyimpan kata sandi dan juga masuk otomatis.

Pada kedua bagian tersebut terdapat ceklis di kolomnya yang berarti smart lock sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya maka hapuslah tanda ceklis pada kedua kolom tersebut dengan cara klik satu kali pada kolom tersebut.

BACA JUGA   6 Cara Mengatasi Akulaku Tidak Bisa Cicilan Dijamin Ampuh

Dengan demikian, smart lock pada aplikasi maupun situs pun berhasil dinonaktifkan. Saat pengguna mengakses situs ataupun media sosial tertentu, maka perlu memasukkan kata sandi kembali. Kata sandi tidak akan tersimpan oleh Google secara otomatis.

Itulah dua cara menonaktifkan Google smart lock beserta langkah-langkah dan keterangannya. Keunggulan menggunakan smart lock adalah pengguna dapat melakukan sinkronisasi pada perangkat lain.

Selain itu, pengguna juga tetap bisa masuk ke aplikasi meskipun lupa kata sandi. Sedangkan kekurangannya adalah terkait keamanan apabila dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.