Cara Melihat Foto yang Dicadangkan di Google Foto dengan Mudah!

Cara Melihat Foto yang Dicadangkan di Google Foto – Google Foto seringkali dianggap sebagai aplikasi biasa oleh sebagian besar pengguna ponsel. Padahal, ketika seseorang mengambil foto dan menyimpan ke galeri otomatis mencadangkan di Google Foto. Fungsi ini akan aktif ketika pengguna menautkan akun Google miliknya. Sehingga, foto yang di Galeri hilang bisa dipulihkan lewat aplikasi Google Foto. Sudah tahu belum cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto?

Foto adalah salah satu file berharga yang sudah pasti sangat dijaga oleh pemiliknya. Kenang-kenangan ketika anak masih kecil, masa kuliah dan lain-lain pasti sangat sayang jika harus hilang begitu saja.

Cara Melihat Foto yang Dicadangkan di Google Foto

Daripada bingung lagi, berikut cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto.

1. Cara Melihat Foto yang Dicadangkan lewat Browser

Browser atau Chrome dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto. Pengguna bisa mengunjungi situsnya secara langsung melalui browser yang dimiliki. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website Google Foto dengan URL photos.google.com.
  • Kemudian login menggunakan akun Google yang digunakan untuk mencadangkan foto.
  • Tunggu beberapa saat, dan foto-foto lama pun akan muncul pada tampilan layar website Google Foto.
BACA JUGA   Cara Edit Foto Ganti Warna Baju Online

2. Cara Melihat Foto yang Dicadangkan di Google Foto Melalui Aplikasi

Adapun cara kedua untuk melihat foto yang dicadangkan di Google Foto adalah melalui aplikasi. Cara ini sangat cepat dan mudah dilakukan sehingga pengguna tidak perlu bingung untuk mencari-cari foto yang sudah lama. Berikut adalah langkah untuk menggunakannya:

  • Pastikan sudah mengunduh aplikasi Google Foto dari Google Play Store.
  • Sama seperti melalui website, pengguna lakukan login dengan akun yang dimiliki saat itu untuk mencadangkan foto.
  • Setelah berhasil masuk, pengguna sudah bisa melihat berbagai foto yang berhasil dicadangkan dari waktu ke waktu.

Manfaat Penggunaan Google Foto

Setelah mengetahui cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto, tak lengkap rasanya untuk mengetahui manfaat yang bisa diberikan serta menarik dari aplikasi ini. Penasaran apa saja fiturnya? Berikut ulasannya:

1. Sebagai Media Edit Foto

Selain sebagai tempat penyimpanan, Google Foto dapat dimanfaatkan untuk mengedit foto agar terlihat menjadi bagus. Fitur edit yang cukup lengkap membuat aplikasi keluaran Google ini sama mumpuni dengan aplikasi edit foto lainnya.

2. Membuat Kolase

Google Foto bisa dikatakan sebagai aplikasi serba bisa. Karena dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa membuat kolase foto seperti aplikasi lainnya. Pengguna bisa mengatur warna dan pencahayaan sesuai dengan hasil foto yang diinginkan.

3. Sebagai Sarana Pencarian Lokasi Berdasarkan Gambar

Google Foto adalah salah satu aplikasi yang terkenal dengan kemampuan mesin pencarinya. Berdasarkan foto yang disimpan, aplikasi ini akan secara otomatis memberikan tag atau informasi tentang lokasi, waktu, hingga jenis gambar.

Dari tag yang diberikan, sistem akan mengklasifikasikannya ke dalam album sesuai dengan jenis dan tag-nya. Hal ini tentu dapat memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian ketika ingin melihat foto lama yang sebelumnya disimpan.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Savefrom Tidak Bisa Dibuka Dan Penyebabnya

4. Membagikan Foto

Ketika ingin mengunggah foto ke media sosial lain, gambar atau foto yang disimpan di dalam Google Foto akan lebih mudah diunggah. Karena beberapa aplikasi akan langsung terhubung dengan akun Google sehingga ketika ingin mengunggah foto atau dokumen harus berasal dari cloud.

5. Penyimpanan yang Lebih Besar

Seperti yang diketahui, bahwa Google Foto dapat meringankan tugas memori telepon. Hal tersebut dikarenakan kapasitas penyimpanan pada Google Foto lebih besar. Penyebabnya adalah foto-foto yang dicadangkan akan tersimpan ke dalam cloud dan tidak terhubung dengan perangkat. Sehingga memori aman dari beban foto yang berat.

Itulah cara melihat foto yang dicadangkan di Google Foto dengan mudah dan beberapa manfaat dari aplikasi tersebut. Penggunaannya yang sederhana dapat membantu pemilik perangkat HP bermemori kecil untuk menyimpan segala momen dalam bentuk foto atau video tanpa harus khawatir memorinya menjadi penuh dan berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.