Pendidikan

Doa Niat Mandi Besar

Hello Sobat matabiovision, artikel kali ini akan membahas tentang doa niat mandi besar. Seperti yang kita ketahui, mandi besar merupakan salah satu kewajiban dalam agama Islam bagi mereka yang telah baligh atau dewasa. Mandi besar dilakukan untuk membersihkan diri dari hadats besar seperti junub, haid, nifas, dan sebagainya. Namun, sebelum melakukan mandi besar, ada baiknya kita memulainya dengan membaca doa niat mandi besar.

Doa Niat Mandi Besar

Sebelum memulai mandi besar, kita perlu membaca niat terlebih dahulu. Berikut adalah doa niat mandi besar yang bisa kita baca:

Bismillahirrahmanirrahim. Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar karena kewajiban kepada Allah Ta’ala.

Setelah membaca doa niat, kita bisa memulai mandi besar. Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mandi Besar

Agar mandi besar kita sah dan diterima oleh Allah SWT, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Membaca doa niat sebelum memulai mandi besar.

2. Membersihkan seluruh tubuh dari najis atau kotoran sebelum memulai mandi besar. Hal ini bertujuan agar mandi besar kita sah dan tidak terganggu oleh najis.

3. Memulai mandi besar dengan membasuh kepala terlebih dahulu. Kita dapat membasuh kepala sebanyak tiga kali atau lebih, tergantung kebutuhan.

4. Setelah membasuh kepala, kita bisa membasuh seluruh tubuh dengan air yang mengalir. Pastikan seluruh tubuh kita terkena air dan tidak ada bagian yang terlewat.

5. Setelah selesai mandi besar, kita perlu mengeringkan tubuh dengan handuk bersih atau dengan cara menggoyangkan tubuh agar air yang menempel bisa keluar.

BACA JUGA   Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Keutamaan Mandi Besar

Tidak hanya membersihkan diri dari hadats besar, mandi besar juga memiliki banyak keutamaan di antaranya:

1. Membersihkan diri dari dosa-dosa. Mandi besar dianggap sebagai salah satu amalan yang dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

2. Menyegarkan pikiran dan membuka aura positif. Mandi besar juga dapat membuat pikiran menjadi lebih segar dan membuka aura positif pada diri kita.

3. Menjaga kesehatan tubuh. Dengan mandi besar, kita dapat membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang doa niat mandi besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan semoga kita selalu diberikan kesempatan untuk menjaga kebersihan tubuh dan hati. Jangan lupa selalu membaca doa niat mandi besar sebelum memulai mandi agar ibadah kita menjadi lebih sempurna. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *