Pendidikan

Jazakallah Khair Artinya dan Balasannya

Pengenalan

Hello Sobat matabiovision, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang arti dari ucapan jazakallah khair dan balasan yang tepat untuk ucapan tersebut. Ucapan jazakallah khair seringkali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam lingkungan muslim. Namun, tahukah Sobat matabiovision apa sebenarnya arti dari ucapan tersebut dan bagaimana cara memberikan balasan yang tepat?

Arti Jazakallah Khair

Jazakallah khair merupakan ucapan syukur dan penghargaan yang biasa diucapkan oleh umat muslim kepada seseorang yang telah memberikan bantuan atau kebaikan kepada mereka. Kata jazakallah berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah “semoga Allah memberikan pahala” sedangkan kata khair berarti “kebaikan”. Jadi, secara harfiah jazakallah khair berarti “semoga Allah memberikan pahala atas kebaikanmu”.

Balasan yang Tepat

Ketika seseorang memberikan bantuan atau kebaikan kepada kita dan kita mengucapkan jazakallah khair sebagai bentuk penghargaan, maka sebagai balasan yang tepat kita bisa mengucapkan “wa iyyakum” atau “wa antum fa jazakallah khairan”. Kata “wa iyyakum” berarti “dan untukmu juga” sedangkan “wa antum fa jazakallah khairan” berarti “semoga Allah memberikan pahala kebaikan untukmu juga”.

Contoh Penggunaan Ucapan Jazakallah Khair dan Balasannya

Contoh penggunaan ucapan jazakallah khair dan balasannya sebagai berikut:”Terima kasih banyak atas bantuanmu dalam menyelesaikan tugas ini, jazakallah khair ya.””Wa iyyakum, sama-sama. Semoga Allah selalu memberikan kebaikan dalam hidupmu.”

Jazakallah Khair dalam Al-Quran

Ucapan jazakallah khair juga seringkali terdapat dalam Al-Quran. Salah satu contohnya adalah dalam surat Al-Isra ayat 9 yang artinya adalah “Sesungguhnya (bagi) orang yang beriman dan beramal saleh, maka sesungguhnya Kami tidak akan mensia-siakan pahala orang yang berbuat baik.”

Jazakallah Khair dalam Hadist

Selain dalam Al-Quran, ucapan jazakallah khair juga terdapat dalam hadist. Salah satu hadist yang mengandung ucapan tersebut adalah hadist riwayat Abu Hurairah yang artinya adalah “Barangsiapa yang memudahkan kesulitan orang lain dari kesulitan di dunia, maka Allah akan memudahkan kesulitan baginya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi aib orang lain, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba tersebut senantiasa menolong saudaranya. Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di dalam rumah-rumah Allah membaca kitabullah dan saling mengajarkan sesama mereka melainkan turun kepada mereka ketenangan, merangkul mereka malaikat, dan Allah memuji mereka kepada orang-orang yang di sisi-Nya.”

BACA JUGA   Awan Cumulonimbus Merupakan Awan Pembentuk Angin

Keutamaan Ucapan Jazakallah Khair

Ucapan jazakallah khair mempunyai banyak keutamaan dalam Islam. Salah satu keutamaannya adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap seseorang yang telah memberikan kebaikan kepada kita. Selain itu, ucapan tersebut juga dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah memberikan kebaikan kepada kita melalui orang lain.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang arti dari ucapan jazakallah khair dan balasan yang tepat untuk ucapan tersebut. Ucapan jazakallah khair merupakan bentuk penghargaan dan syukur yang diberikan kepada seseorang yang telah memberikan kebaikan kepada kita. Balasan yang tepat untuk ucapan tersebut adalah “wa iyyakum” atau “wa antum fa jazakallah khairan”. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang Islam.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *