Pendidikan

Jika Harga Barang Naik Maka Jumlah Barang yang Diminta Akan…

Pendahuluan

Hello Sobat Matabiovision! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai sebuah fenomena yang sering terjadi di masyarakat kita, yaitu kenaikan harga barang. Kenaikan harga barang dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah permintaan terhadap barang tersebut. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami dulu konsep dasar mengenai permintaan dan penawaran.

Permintaan dan Penawaran

Dalam dunia ekonomi, konsep permintaan dan penawaran sangat penting dalam menentukan harga suatu barang. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen pada suatu harga tertentu, sedangkan penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen pada suatu harga tertentu.Ketika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta oleh konsumen biasanya akan berkurang. Hal ini disebabkan karena harga yang lebih tinggi membuat barang tersebut menjadi lebih mahal dan tidak terjangkau bagi sebagian konsumen. Sebaliknya, ketika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang diminta oleh konsumen biasanya akan meningkat.

Contoh Kasus

Misalnya, jika harga beras naik dari Rp10.000 per kilogram menjadi Rp15.000 per kilogram, maka sebagian konsumen mungkin akan beralih menggunakan beras alternatif yang lebih murah, seperti jagung atau tepung. Sehingga, permintaan terhadap beras akan menurun, dan penawaran terhadap beras akan meningkat. Hal ini dapat menyebabkan surplus beras di pasar, yang akhirnya dapat mempengaruhi harga beras kembali.Sebaliknya, jika harga beras turun dari Rp10.000 per kilogram menjadi Rp5.000 per kilogram, maka sebagian konsumen mungkin akan membeli lebih banyak beras, karena harga yang lebih terjangkau. Sehingga, permintaan terhadap beras akan meningkat, dan penawaran terhadap beras akan menurun. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan beras di pasar, yang akhirnya dapat meningkatkan harga beras kembali.

BACA JUGA   Salah Satu Tujuan Didirikannya ASEAN Antara Lain

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Kenaikan harga barang bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap barang tersebut. Ada beberapa faktor lain yang juga dapat mempengaruhi permintaan, antara lain:1. Pendapatan konsumen. Semakin tinggi pendapatan konsumen, maka semakin besar kemungkinan mereka akan membeli barang yang lebih mahal.2. Selera konsumen. Selera konsumen dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu, sehingga dapat mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang.3. Harga barang lain. Harga barang lain yang memiliki fungsi atau kegunaan yang sama dengan barang yang ingin dibeli juga dapat mempengaruhi permintaan. Misalnya, jika harga beras naik, maka sebagian konsumen mungkin akan beralih menggunakan jagung atau tepung.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jika harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta oleh konsumen biasanya akan berkurang. Namun, hal ini tidak selalu berlaku karena ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap barang tersebut. Oleh karena itu, penting bagi produsen atau pelaku bisnis untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, sehingga dapat menyesuaikan harga barang dengan kondisi pasar yang ada.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *