content="0fd9cbe0b353776505509733cd398328">
Ilmu Pendikan

perbedaan interview dan wawancara

Pendahuluan

Kegiatan wawancara dan interview seringkali diartikan sebagai suatu hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Baik wawancara maupun interview merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari seseorang. Namun, terdapat perbedaan di dalam kedua proses tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara interview dan wawancara secara mendalam.

Definisi Interview

Interview adalah proses tanya jawab antara dua orang atau lebih, yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dari satu pihak untuk kepentingan pihak lain. Interview biasanya dilakukan oleh orang yang membutuhkan informasi, yang disebut sebagai interviewer, dan orang yang memberikan informasi, yang disebut sebagai interviewee. Interview seringkali dilakukan di kantor atau di ruangan khusus yang disiapkan untuk kegiatan interview.

Definisi Wawancara

Wawancara adalah proses tanya jawab yang dilakukan oleh seorang interviewer atau wartawan untuk mendapatkan informasi dari seseorang, yang biasanya berguna untuk membuat berita atau reportase. Wawancara dilakukan pada tempat yang disepakati oleh kedua belah pihak atau di tempat yang disukai oleh pihak yang diwawancarai. Wawancara seringkali dilakukan di tempat-tempat umum seperti kantor, toko, jalan raya, atau di rumah orang yang diwawancarai.

Perbedaan Interview dan Wawancara

Ada beberapa perbedaan antara interview dan wawancara, yaitu:

Interview Wawancara
Dilakukan oleh orang yang membutuhkan informasi Dilakukan oleh interviewer atau wartawan
Dilakukan di kantor atau ruangan khusus Dilakukan di tempat yang disepakati atau disukai
Bertujuan untuk kepentingan pihak interviewer Bertujuan untuk membuat berita atau reportase
Lebih formal dan terstruktur Lebih fleksibel dan tidak terstruktur
Waktu interview ditentukan oleh interviewer Waktu wawancara ditentukan oleh orang yang diwawancarai
Konten interview biasanya bersifat tertutup Konten wawancara biasanya bersifat terbuka
Interview dilakukan secara individual Wawancara dapat dilakukan secara individu atau kelompok

Kelebihan dan Kekurangan Interview

Kelebihan Interview

Kelebihan dari interview antara lain:

👍 Lebih formal dan terstruktur, sehingga memudahkan interviewer untuk mengatur pertanyaan.👍 Konten interview bersifat tertutup, sehingga informasi yang tertangkap lebih rapi dan terfokus.👍 Dapat dilakukan secara individual, sehingga informasi yang diperoleh lebih mendalam.👍 Waktu interview dapat ditentukan oleh interviewer sendiri, sehingga lebih teratur dan terjadwal.

Kekurangan Interview

Kekurangan dari interview antara lain:

👎 Proses interview memerlukan biaya yang mahal, seperti biaya sewa ruangan khusus.👎 Konten interview bersifat tertutup, sehingga sulit untuk menggali informasi lebih banyak lagi.👎 Memerlukan waktu yang lama, terutama jika informasi yang diperoleh terkesan sedikit.👎 Interviewer harus sangat selektif memilih narasumber agar informasi yang diterima berkualitas.

Kelebihan dan Kekurangan Wawancara

Kelebihan Wawancara

Kelebihan dari wawancara antara lain:

👍 Konten wawancara bersifat terbuka, sehingga informasi yang diperoleh lebih luas dan variatif.👍 Fleksibel dalam hal waktu dan tempat, sehingga lebih mudah diatur.👍 Dapat dilakukan secara kelompok, sehingga lebih efektif dalam menggali informasi.

Kekurangan Wawancara

Kekurangan dari wawancara antara lain:

👎 Terkadang narasumber sulit ditemukan atau sulit untuk diwawancarai.👎 Konten wawancara bersifat terbuka, sehingga informasi yang diperoleh kadang tidak rapi.👎 Sulit untuk mengontrol proses wawancara karena bersifat fleksibel.

FAQ tentang Interview dan Wawancara

Apakah interview dan wawancara sama?

Tidak, interview dan wawancara memiliki perbedaan yang signifikan yaitu pada tujuan dan proses pelaksanaannya.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan interview?

Waktu yang tepat untuk melakukan interview adalah saat kedua belah pihak memiliki waktu yang cukup dan dalam kondisi yang baik.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan wawancara?

Persiapkan daftar pertanyaan yang relevan dan berhubungan dengan topik yang akan dibahas, serta pastikan tempat dan waktu yang disepakati bersama.

Apa keuntungan jika melakukan wawancara secara kelompok?

Keuntungan jika melakukan wawancara secara kelompok adalah dapat memperoleh informasi secara lebih efektif dan efisien karena melibatkan beberapa orang sekaligus.

Bagaimana jika narasumber menolak untuk diwawancarai?

Cari narasumber lain yang lebih kooperatif atau jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan wawancara sama sekali.

Bagaimana mengontrol proses interview agar tetap terstruktur?

Buat daftar pertanyaan yang relevan sebelumnya dan tanyakan pertanyaan secara berurutan agar terkesan terstruktur.

Bagaimana cara memilih narasumber yang baik untuk interview?

Pilihlah narasumber yang ahli dan memiliki pengalaman yang relevan dengan topik yang akan dibahas.

Kesimpulan

Interview dan wawancara merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari seseorang. Namun, terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya, seperti dalam hal tujuan dan proses pelaksanaannya. Kelebihan dan kekurangan dari kedua proses ini juga perlu dipertimbangkan dalam memilih metode yang tepat untuk memperoleh informasi. Sebagai penutup, pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda, dan pastikan untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan agar proses berjalan lancar dan efektif.

Kata Penutup

Dalam dunia jurnalistik, interview dan wawancara merupakan salah satu metode utama untuk memperoleh informasi. Kedua metode tersebut memiliki perbedaan yang signifikan, selain kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam memilih metode yang tepat, hal yang paling penting adalah mempertimbangkan tujuan, waktu, dan tempat yang sesuai agar proses berjalan dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu pembaca memahami perbedaan antara interview dan wawancara secara lebih mendalam.

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *