content="0fd9cbe0b353776505509733cd398328">
Pendidikan

Ramadhan Tahun Ini Berapa Hijriyah?

Pengenalan

Hello Sobat Matabiovision! Selamat datang kembali di blog kami yang selalu memberikan informasi menarik seputar agama Islam. Kali ini, kami akan membahas tentang Ramadhan tahun ini berapa hijriyah.

Pengertian Hijriyah

Hijriyah adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam untuk menentukan waktu ibadah seperti sholat, puasa, dan haji. Kalender ini berbeda dengan kalender Masehi yang digunakan oleh umumnya orang di dunia. Hijriyah memiliki 12 bulan dalam satu tahunnya dan masing-masing bulan memiliki jumlah hari yang berbeda-beda.

Tahun Hijriyah

Tahun hijriyah dimulai pada saat hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Tahun hijriyah juga disebut tahun lunar karena penentuannya berdasarkan siklus bulan. Setiap tahun hijriyah memiliki 354 atau 355 hari, sehingga lebih pendek dari tahun Masehi yang memiliki 365 atau 366 hari.

Ramadhan Tahun Ini Berapa Hijriyah?

Ramadhan adalah bulan suci dalam agama Islam yang di dalamnya umat Islam berpuasa selama satu bulan penuh. Tahun ini, Ramadhan jatuh pada bulan April dan Mei 2021 Masehi. Sedangkan, Ramadhan tahun ini berapa hijriyah? Tahun hijriyah saat ini adalah 1442 H. Oleh karena itu, Ramadhan tahun ini jatuh pada bulan Ramadhan 1442 H.

Arti Penting Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang sangat penting bagi umat Islam. Selain sebagai bulan suci yang penuh berkah, Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam. Di bulan ini, umat Islam berpuasa sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT. Selain itu, Ramadhan juga menjadi bulan yang penuh dengan kegiatan ibadah seperti sholat tarawih, membaca Al-Quran, dan bersedekah.

Keistimewaan Ramadhan Tahun Ini

Ramadhan tahun ini memiliki keistimewaan tersendiri karena masih berada di masa pandemi COVID-19. Kegiatan ibadah seperti sholat tarawih dan tadarus Al-Quran dilakukan secara virtual atau online. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat umat Islam untuk menjalankan ibadah di bulan suci ini dengan penuh khidmat dan khusyuk.

Kesimpulan

Itulah artikel kami mengenai Ramadhan tahun ini berapa hijriyah. Tahun ini, Ramadhan jatuh pada bulan Ramadhan 1442 H. Meskipun masih berada di masa pandemi COVID-19, umat Islam tetap semangat menjalankan ibadah di bulan suci ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Matabiovision. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *