content="0fd9cbe0b353776505509733cd398328">
Pendidikan

Sebutkan Ciri-Ciri Manusia Purba

Hello, Sobat Matabiovision! Kamu pasti pernah mendengar tentang manusia purba, kan? Sebelum manusia seperti sekarang, ada jenis manusia yang hidup di bumi ribuan tahun yang lalu. Nah, kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri manusia purba yang menarik untuk diketahui.

1. Ukuran Otak yang Kecil

Manusia purba memiliki ukuran otak yang lebih kecil daripada manusia modern. Otak mereka memiliki ukuran sekitar 600-800 cc, sedangkan manusia modern memiliki otak dengan ukuran rata-rata 1300-1400 cc. Meskipun begitu, manusia purba sudah memiliki kemampuan berpikir dan membuat alat-alat sederhana.

2. Kehidupan Berkelompok

Manusia purba hidup dalam kelompok yang saling membantu satu sama lain. Mereka membangun tempat tinggal bersama-sama dan berburu bersama-sama. Kehidupan berkelompok ini membantu mereka bertahan hidup di alam liar.

3. Gigi Besar dan Kuat

Manusia purba memiliki gigi yang besar dan kuat untuk membantu mereka mengunyah makanan yang keras. Mereka belum mengenal teknologi untuk memasak makanan, sehingga mereka harus mengandalkan gigi mereka untuk mengunyah makanan yang mentah.

4. Alat-alat Batu

Manusia purba menggunakan alat-alat batu untuk membantu mereka bertahan hidup. Alat-alat batu ini digunakan untuk memotong makanan, membuat tempat tinggal, dan membuat senjata untuk berburu.

5. Tubuh yang Rendah dan Kecil

Manusia purba memiliki tubuh yang lebih kecil dan lebih pendek daripada manusia modern. Mereka memiliki tinggi badan sekitar 1,5 meter dan berat badan sekitar 50 kg.

6. Tidak Mengenal Pertanian

Manusia purba belum mengenal pertanian, sehingga mereka harus mencari makanan di alam liar. Mereka berburu hewan dan mengumpulkan buah-buahan dan akar-akaran untuk dimakan.

7. Belum Mengenal Api

Manusia purba belum mengenal api, sehingga mereka harus memakan makanan yang mentah. Mereka juga belum bisa memasak makanan, sehingga mereka harus mengandalkan gigi mereka untuk mengunyah makanan yang keras.

8. Kehidupan yang Singkat

Manusia purba memiliki umur yang lebih pendek daripada manusia modern. Umur rata-rata manusia purba hanya sekitar 30 tahun.

9. Memiliki Rambut Tubuh yang Lebat

Manusia purba memiliki rambut tubuh yang lebat untuk membantu mereka menghangatkan tubuh di lingkungan yang dingin. Rambut tubuh ini juga membantu melindungi kulit mereka dari sinar matahari.

10. Belum Mengenal Bahasa yang Kompleks

Manusia purba belum mengenal bahasa yang kompleks seperti manusia modern. Mereka hanya menggunakan bahasa isyarat dan suara untuk berkomunikasi satu sama lain.

11. Belum Mengenal Pakaian

Manusia purba belum mengenal pakaian, sehingga mereka harus bertahan hidup dengan hanya mengandalkan kulit mereka untuk melindungi tubuh dari cuaca yang ekstrem.

12. Berburu Hewan untuk Bertahan Hidup

Manusia purba mengandalkan berburu hewan untuk mendapatkan makanan. Mereka membuat senjata dari alat-alat batu untuk berburu hewan di alam liar.

13. Menggunakan Tangan untuk Makan

Manusia purba menggunakan tangan mereka untuk makan makanan yang mentah. Mereka belum mengenal alat makan seperti garpu dan sendok.

14. Menghuni Gua-gua

Manusia purba menghuni gua-gua sebagai tempat tinggal mereka. Gua-gua ini memberikan perlindungan dari cuaca yang ekstrem dan juga dari serangan hewan buas.

15. Hewan Peliharaan

Manusia purba tidak memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Mereka hanya berburu hewan di alam liar untuk mendapatkan makanan.

16. Keterampilan Membuat Alat-alat Sederhana

Manusia purba memiliki keterampilan untuk membuat alat-alat sederhana dari alat-alat batu. Mereka membuat senjata dan alat-alat untuk memotong makanan dan membuat tempat tinggal.

17. Kehidupan yang Sangat Sederhana

Manusia purba hidup dengan sangat sederhana. Mereka hanya memiliki kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, dan perlindungan dari cuaca yang ekstrem.

18. Mengenal Arah Mata Angin

Manusia purba sudah mengenal arah mata angin untuk membantu mereka dalam berburu dan mencari makanan di alam liar.

19. Mempunyai Kemampuan untuk Membunuh Hewan Buas

Manusia purba mempunyai kemampuan untuk membunuh hewan buas seperti singa dan harimau. Mereka menggunakan senjata yang mereka buat sendiri dari alat-alat batu.

20. Mengenal Peralatan Berburu

Manusia purba sudah mengenal peralatan berburu seperti busur dan anak panah. Peralatan ini membantu mereka dalam berburu hewan di alam liar.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri-ciri manusia purba yang menarik untuk diketahui. Meskipun hidup dengan sangat sederhana, manusia purba sudah memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di alam liar. Dalam perkembangan manusia, manusia purba adalah awal dari peradaban manusia modern yang kita kenal sekarang.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

kromo

saya seorang yang menyukai hal tentang teknologi , seorang internet marketer dan juga website developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *